Tuesday, November 6, 2012

6 Prinsip Dasar Rasulullah Dalam Berbisnis

Assalamu'alaykum sahabat yutaya sekalian..

Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin ^_^

Sahabat, kali ini Yutaya akan share mengenai 6 Prinsip Dasar Rasulullah Dalam Berbisnis, wuah tips ini bagus banget lho buat kita-kita yang ingin berbisnis, yuk simak sista :)

6 Prinsip Dasar Rasulullah SAW Dalam Berbisnis :
  1. JUJUR (transparan) karena "pedagang yg jujur tidak terhalang dari pintu-pintu surga" (HR. Tirmidzi) »» Selain tidak berbohong, seorang pedagang juga tidak boleh mengurangi timbangan, tidak khianat, tidak mengada-ada, dsb. (Al-An'am(6) : 152). 
  2. AMANAH. Nilai bisnis akan disandarkan pada kepercayaan penuh kepada 2 pihak yang bertransaksi. »» Pedagang yang dapat dipercaya akan sukses karena reputasinya lhoo muslimah ;) 
  3. TIDAK MENIPU, kita dilarang mengobral janji atau berpromosi berlebihan apalagi disertai dengan sumpah palsu. "Berhati2lah, janganlah kamu bersumpah dalam penjualan. Itu memang melariskan, tetapi menghilangkan barakah"( HR. Muslim) so, berhati2lah ;) 
  4. MENEPATI JANJI , pedagang harus menepati janji kepada konsumen, dan tentunya menepati janji kepada Allah. Menepati janji kepada Allah harus ditunaikan seperti melakukan sholat pada waktunya ".... Katakanlah apa yang ada di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan peniagaan & Allah sebaik-baik pemberi rizqi" Al-Jumu'ah : 11.
  5. MURAH HATI, Kepuasan konsumen bukan hanya dari produk yang didapat, tetapi juga dari segi pelayanan. "Allah berbelas kasih kepada orang yang murah hati ketika ia menjual, bila membeli, atau ketika menuntut hak" (HR. Bukhari).
  6. TIDAK MELUPAKAN AKHIRAT, Mencari nafkah adalah Perintah Allah tetapi jangan lupa tunaikan kewajiban lain yang telah ditetapkan. Ketika bisnis telah menjadi bagian dari menjalankan perintah-Nya, bisnis bukan lagi sekedar menghasilkan. Namun, membentuk ketentraman hati dan jiwa :)
Demikian share Yutaya mengenai 6 Prinsip Dasar Rasulullah saw dlm berbisnis. Yuk sahabat, kita terapkan dalam bisnis kita ;) Semoga bermanfaat ya sahabat.


Yutaya Hijab - The Beauty of Hijab

No comments:

Post a Comment